Jumat, 17 Mei 2013

BERSAMA TARBIYAH , AKU DAN KAU BERKARYA


Tarbiyah oh tarbiyah..
berbicara tentang tarbiyah merupakan sesuatu yang indah, bagaimana tidak tarbiyah atau halaqoh atau liqo ini        
begitu ajaib,  seseorang yang sebelumnya begitu jauh dengan namanya islam bisa berubah menjadi pribadi militan yang selalu berada pada garda terdepan dalam amar ma'ruf nahi mungkar. ya.. ini lah ajaib nya... orang yang terbiasa dengan hedonisme bisa menjadi seseorang yang menjadikan al-qur'an sebagai pedoman hati nya dalam menyusuri samudra kehidupan. 


Fenomena ini sangat unik sekali,, sebenarnya apa sih yang terdapat dalam tarbiyah?? ada suatu magnet besar  hingga orang-orang bisa menemukan hidayahNYA dalam tarbiyah ini.

jika kita melihat dari jauh, kelompok yang melingkar di sudut masjid ataupun sudut kampus dengan mushaf ditangan, itu terlihat seperti ta'lim biasa? 
tidak ada yang spesial.memang tarbiyah hampir mirip dengan ta'lim dimana didalamnya mengkasji lebih dalam tentang islam, yang membedakan dalam tarbiyah biasanya diisi oleh para alumni tarbiyah sebelumnya yang background nyapun bukan lulusan pesantren atau sekolah agama lainnya berbeda dengan ta'lim yang diisi oleh orang-orang yang memang berkutat dengan kegiatan pembinanan intensif seperti pesantren dll. 

Jika seperti itu, tarbiyah belum bisa dikatakan spesial dong?? 

Inilah justru spesialnya, para Alumni tarbiyah sebelumnya dengan background latar belakang pendidikan dan masa lalu yang berbeda, bahkan ada yang masa lalunya hedon sekali , suka hura2 dan begitu jauh tingkahnya dari pemuda islam justru mampu mentransformasi dirinya untuk menjemput hidayah dan melakukan momentum perubahan.


Dalam lingkaran cinta atau tarbiyah ini diisi dengan ukhwuah yang manis, keikhlasan , kelembutan , kasih sayang dan keistiqomahan para penghuni nya untuk selalu memperbaiki diri dan mendekat kepada Nya. Inilah yang membedakan, sungguh indah bukan????? 
keterikatan hati antara penghuninya begitu erat seperti layaknya saudara kandung, dimana ada kesulitan satu anggotanya maka anggota yang lain berada pada baris terdepan untuk siap menolongnya, seperti layaknya kaum muhajirin dan kaum anshor. 

Indah bukan????
belum lagi para anggota tertarbiyah saling berkarya dalam dakwah, sadar atau tidak sadar potensi yang mereka  miliki di berbagai bidang merupakan aset yang sangat besar bagi peradaban islam ditambah lagi dengan adanya kekokohan iman, ini adalah suatu momentum perubahan yang sangat luar biasa. Bisa dilihat salah satu pemuda yang luar biasa Rasullullah Saw beserta para sahabatnya yang memiliki potensi di berbagai bidang, kemudian dikokohkan dengan keimannannya kepada Allah yang dilakukan kontinu menghasilkan perubahan yang luar biasa bagi dunia ini, belum lagi tokoh era modern Hasan Al-Banna yang bisa menghasilkan banyak karya ditengah perjuangan dalam meneggakkan islam.


bisa dibilang para Alumni tarbiyah two thumbs deh??? Dan perlu diingat para Alumni nya pun hingga saat ini masih terus secara kontinu tertarbiyah dan mentarbiyahi? subhanallah ya betapa luar biasa efek tarbiyah ini...

bangga luar biasa saya menjadi salah satu alumni yang masih konsiten dan kontinu mengikuti tarbiyah ini..
dan satu lagi begitu luarbiasanya kita bersama tarbiyah aku, kau dan kita berkarya nyata menorehkan tinta emas dakwah.


ayoo... Semangat Tarbiyah
PEMUDA ITU HARUS CERDAS
CERDAS BERKARYA
CERDAS BERPIKIR
DAN CERDAS IMAN...

By : Tresna Sundari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar