Kamis, 16 Mei 2013

POTENSI TERSEMBUNYI DALAM DAKWAH ILMI



Berbicara tentang dakwah cakupannya akan sangat luas, karena pada hakikatnya dimanapun kita berada inti pergerakan kita adalah dakwah atau amar ma'ruf nahi mungkar. Setiap lini memiliki karakteristik sendiri baik syiar dengan karakteristik pelayanan umat, politik dengan karakteristik pencerdasan generasi muda. 
akan tetapi seiring dengan berkembangnya kemajuan tekhnologi ada satu lahan yang memiliki potensi besar dalam perkembangan islam. 

ya tidak lain tidak bukan adalah ilmi/pengetahuan. ko bisa dakwah ilmi mampu  memberikan kontribusi nyata dalam perkembangan islam?? bukankah ia hanya berkutat dengan sains, dari segi dakwah pun belum terlihat significant perkembangannya??

Kampus Akademi Kimia Analisis sala satu kampus yang terlihat jelas paradigma akademis dan kompetisi berprestasi telah merasuk dengan sangat kuat, ketertarikan mahasiswa mulai terfokus ke arah akademik. Banyak mahasiswa yang bersifat pragmatis, mereka cendrung tidak ingin mengikuti acara-acara yang tidak mendukung akademis mereka. Fenomena ini terlihat bahkan untuk acara kajian pun ikut menurun, akan tetapi berbedahalnya ketika terdapat acara seperti seminar ilmu pengetahuan, seminar beasiswa, dan acara lain yang berhubungan dengan keilmuan.




iinilah yang selama ini kita pikirkan dan menganggap bahwa hal tersebut adalah biasa.
akan tetapi coba keluar dari kotak maind set setting yang selama ini kita pikirkan, dan coba lihat dengan benar bahwa potensi ilmi sangat berpengaruh.

seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa banyak orang dan generasi muda yang berpacu untuk berkompetitif untuk menghasilkan karya terbaru di bidang keilmuan, bisa di bilang seperti persaingan bebas. Hal tersebut jelaslah bagus sekali untuk mengembangkan suatu negara, namun jika generasi kita tidak dibekali dengan iman dan takwa yang kokoh mka, ilmu pengetahuan akan menjadi bumerang kepada dirinya dan masyarakat luas.Inilah titik point pertama mengapa dakwah ilmi begitu penting dan dibutuhkan untuk membina generasi muda dalam mengembangkan IPTEK sesuai dengan al-qur'an dan hadist.


titik point yang kedua ia lah,orang-orang yang berkapabilitas di bidang keilmuan dan tekhnologi akan mampu mengembangkan islam dengan tekhnologi, sehingga amar ma'ruf nahi mungkar dapat kita lakukan dengan mudah dan benar. Saat ini banyak generasi muda yang lebih tertarik dengan science , hal ini adalah kabar yang mengembirakan karena dari sinilah lahir tokoh2 islam yang luar biasa. 



nah itulah mengapa potensi ilmi harus di gali lebih dalam, karena sadar atau tidak sadar kita dihadapkan kepada zaman perkembangan tekhnologi  yang menuntut setiap generasi muda harus kreatif, inovatif, dan kontributif.



ISLAM BUTUH PEMUDA YANG CERDAS
CERDAS DALAM ILMU PENGETAHUAN
CERDAS DALAM BERAMAL
CERDAS DALAM BERPIKIR

MENSHOLEHKAN ORANG SHOLEH, DAN MENSHOLEHKAN ORANG CERDAS  merupakan bentuk investasi masa depan untuk mencetak GENERASI RABBANI YANG CERDAS.




By: Bunga Kesabaran

3 komentar: