Minggu, 02 Juni 2013

MOTOR PERUBAHAN INDONESIA ADALAH MAHASISWA

Kali ini saya mencoba untuk memberikan tulisan mengenai gerakan mahasiswa yang semakin lama semakin kehilangan jati dirinya, atau istilah kerennya adalah degradasi pergerakan mahasiswa. Saya bukan seseorang yang aktif di dunia pergerakan, karena jujur saya lebih nyaman di syiar atau pelayanan dan kaderisasi. Namun sepertinya kondisi saat ini menggugah saya untuk mencoba membuka dan mengingatkan kembali apa peran kita sebagai pemuda, bagaimana caranya, siapa saja yang terlibat,dan mengapa harus kita..

Sadar atau tidak sadar, kondisi indonesia saat ini memasuki tahap kritis,

1. ketidakpastian hukum yang semakin meraja lela, hingga kebenaran pun menjadi sebuah fatamorgana, tidak terlihat mana yang benar dan mana yang salah. Bahkan kebenaran bisa diputarbalikkan menjadi sebuah kesalahan dengan sangat mudah. lalu hukum yang dibuat untuk melindungi rakyat, kini beralih fungsi.

2. Praktik Politik membumi hanguskan, ini sudah terlihat dari awal 2013, hal ini terkait semakin dekatnya pemilu 2014. banyak para parpol yang menggunakan berbagai cara untuk lolos dan bisa masuk parlemen, terkadang membumi hanguskan sebuah partai yang memiliki peluang besar merupakan salah satu caranya , hal ini bisa di setting dengan cara membuat opini negatif publik terhadap beberapa parpol untuk menghancurkan kepercayaan masyarakat.Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak , namun mengapa justru parpol dengan basis islam hanya memperoleh sedikit suara, akan tetapi yang jelas jelas parpol yg mnegagungkan sekular , liberalisme itu memperoleh dukungan suara yang besar. Padahal jika kita analisa, saat diparlemen siapakah yang nanti akan melindungi dan memperjuangkan nilai-nilai islam, apakah sudah pasti perwakilan dari parpol yg membawa bendera sekular itu akan memperjuangkan hak kita sebagai muslim?
mungkin banyak yang berpikir, toh parpol yg berbasis islam ternyata jauh, dan sama saja. yah, inilah perang pemikiran dimana semua yang putih di putarbalikkan menjadi hitam, sungguh sangat mudah. 

3. Perekonomian indonesia yang mengalami kebangkrutan
ini sudah jelas terlihat Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan bahwa Indonesia mencatat inflasi 1.03 persen pada januari 2013 naik 0.76 persen pada pediode \yang sama tahun lalu. semua kebutuhan pokok mengalami linjakan serta seluruh SDA di Indonesia dikuasai oleh pihak asing selama ratusan tahun. jika sudah seperti ini bagaimana indonesia bisa melakukan sebuah perubahan besar, di negara sendiri pun kita tidak bisa menikmati hasil bumi.

ditengah kondisi tersebut dimanakah peran mahasiswa??? masihkah ingin berdiam diri dan asyik dengan hedonisme dan apatisme. memang tugas mahasiswa ialah menjunjung tinggi pendidikan akan tetapi janganlah lupa tentang tri dharma perguruan tinggo, PENDIDIKAN,PENILITIAN DAN PENGEMBANGAN, SERTA PENGABDIAN TERHADAP MASYARAKAT. 


Dari sini kita bisa melihat seberapa penting peran kita, sebagai pemuda pengemban perubahan, Indonesia butuh pemuda intelek yang mampu menyelesaikan permasalahan ibu pertiwi. kita sebagai motor pergerakan, masih ingatkah era reformasi dulu, bagaimana para pemuda nya bisa membuka pintu perubahan. 
ya, inilah yang harus selalu kita ingat bahwa masyarakat memberikan sebuah harapan kepada pundak-pundak kita , harapan akan hak-hak mereka, harapan akan ibu pertiwi. 

Sekarang yang harus kita lakukan adalah membuang jauh2 sikap apatisme, cobalah untuk peduli dengan kondisi masyarakat sekitar, dengan kondisi lingkungan, dan kondisi negara. setelah apatisme melebur dan berubah menjadi sebuah kepedulian terhadap bangsa, maka selanjutnya DO ACTION, masuk lah dan terlibatlah dalam organisasi kampus seperti BEM, KAMMI, DPM, HIMPUNAN MAHASISWA DLL dengan ranah yang sesuai dengan minat dan bakat kita, buat prestasi didalamnya , dan cetaklah generasi pemuda madani sebagai penerus estapet perjuangan. Inilah langkah awal kita, sebelum kita dihadapkan kepada kondisi yang real di masyarakat.



JANGAN JADI GENERASI YANG APATIS TAPI JADILAH GENERASI PRESTATIS DALAM MELAKUKAN PERUBAHAN INDONESIA..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar